Rabu, 18 November 2015

Pengertian Overhead Traveling Crane

.   Pengertian Overhead Traveling Crane
Overhead travelling crane selain berfungsi sebagai alat pengangkat, juga berfungsi sebagai alat pemindah barang walaupun barang yang dipindahkan terbatas hanya pada lingkungan yang tidak terlalu luas (dalam ruangan). Tetapi overhead travelling crane sangat efektif bekerjanya karena gerakannya dapat maju-mundur dan ke kiri-ke kanan.
Banyak girder yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan dari crane tersebut. Overhead travelling crane dapat dibuat single girder maupun double girder. Girder dengan konstruksi rangka batang saat ini jarang digunakan dalam pemakaian overhead travelling crane, yang paling banyak digunakan adalah girder dengan bentuk beam atau kotak, yang dinilai lebih praktis baik dari segi konstruksi maupun bentuknya.
Secara teknologi perancangan dan pembuatan overhead travelling crane ini tidak memerlukan teknologi yang terlalu tinggi seperti halnya dalam pembuatan kendaraan (otomotif). Pada alat pengangkat yang perlu diperhatikan adalah faktor keamanan dan keselamatan kerja dari alatnya sendiri maupun terhadap operator yang menggunakan.
Dalam merencanakan konstruksi girder overhead travelling crane ini tergantung dari sarat yang harus dipenuhi untuk kebutuhannya. Hal tersebut dimaksudkan untuk memperoleh kondisi yang efisien dan peralatan yang efektif.
            Dibawah ini adalah gambar macam-macam girder overhead travelling crane :

Gambar 2.1.Single girder overhead travelling crane [16]





Gambar 2.2. Double girder overhead travelling crane [16]


II.2.  Teori Perencanaan
Mesin pengangkat adalah suatu peralatan yang digunakan untuk mengangkat dan memindahkan muatan atau barang pada pabrik-pabrik, gudang, bengkel, pelabuhan-pelabuhan, perakitan dan lain-lain. Parameter teknis utama mesin pengangkat antara lain adalah kapasitas angkat, berat mati mesin tersebut, kecepatan berbagai gerakan mesin tersebut, tinggi angkat dan ukuran geometris mesin tersebut, bentangan, panjang dan lebar dan sebagainya.

II.2.1. Jenis-jenis Utama Mesin Pengangkat
Jenis-jenis utama perlengkapan pengangkat digolongkan menurut ciri khas desainnya. Berikut ini merupakan kelompok-kelompok perlengkapan pengangkat berdasarkan ciri khasnya :
a.       Mesin pengangkat
Mesin pengangkat ini adalah kelompok mesin yang bekerja secara periodik yang didesain sebagai peralatan swa-angkat, untuk mengangkat muatan atau sebagai mekanisme tersendiri bagi crane atau elevator.




      

         
Gambar 2.3. Macam-macam mesin pengangkat [21]

b.      Crane
Crane adalah gabungan mekanisme pengangkat secara terpisah dengan rangka untuk mengangkat atau sekaligus mengangkat dan memindahkan muatan yang dapat digantungkan secara bebas.







Gambar 2.4. Macam-macam crane [17]




c.       Elevator
Elevator adalah kelompok mesin yang bekerja secara periodik untuk mengangkut muatan pada jalur tertentu. Perlengkapan pengangkat dapat bersifat diam atau dapat dipindahkan atau bergerak, hampir semua crane dan elevator merupakan perlengkapan yang diam di tempat atau berpindah.


          
Gambar 2.5. Elevator [12 dan 25]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar